14 May 2010

Road to Pasca Sarjana UGM

Malam ini aku sangat lelah, padahal kemarin libur Hari Kenaikan Tuhan Yesus, tetapi sudah berniat untuk mengisi form Proyeksi Keinginan yang sudah lama tertunda sejak bln Maret 2010.
Udah 2 bln ya ? Aku sibuk memikirkan hal-hal lain yang kurang prioritas. Istilahnya tuh 'KURANG FOKUS'.
Pada saat pembayaran uang pendaftaran dan melakukan pemilihan jurusan, aku begitu semangat karena jurusan sosial yang aku minati ada di UGM dan biaya kuliah per semesternya gak terlalu mahal, dibandingkan dengan universitas lain. Utk 3 semester, total biayanya 24jt. Kalo univ di LN bisa mencapai angka ratusan juta, kalo univ di Indo bisa mencapai angka 30-50jt. Sekolah memang membutuhkan biaya mahal ya. Coba ada subsidi 50% dari Pemerintah, mungkin udah banyak penduduk yang bergelar Master dan dapat berkarya lebih maksimal di negeri ini.

Setelah aku melakukan pendaftaran online, aku sempet merasa salah mengambil pilihan jurusan karena ada Magister Studi Kebijakan,.
Inilah juga kelemahanku, kurang mau mencari informasi sebanyak-banyaknya. Maunya yang udah jadi, serba instan.
Tetapi setelah diteliti, lebih baik memilih jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Fak ISIP. Karena aku akan berfokus pada kebijakan sosial dalam tataran teoritis hingga implementasi.

Langkah selanjutnya adalah menghubungi Pemberi Rekomendasi dan meminta mereka untuk memberikan surat rekomendasi s/d 15 Mei 2010. Syukurlah suratnya udah aku dapatkan. Thanks to 2 my recommender =)

Pada tanggal 22 April 2010, aku mengikuti tes :
1. ITP TOEFL
Sudah 2x mengikuti tes serupa) dan merasa tidak kesulitan dengan tes ini. Malah aku sangat suka akan tes ini.
2. TPA
Nah ini, baru pertama kali dan rada gugup juga. Sebenarnya agak rada PeDe karena Psikolog UNPAD memberi pernyataan tentang ak : "Kalo soal kemampuan, kamu mampu." Syukurlah, pada saat tes, kepanikannya hilang dan aku terus berdoa supaya konsentrasi dan melakukan yang terbaik. Aku kesulitan dalam tes Ruang. Susah membayangkan kubus dll yang dibolak-balik, dan di bagian ini, aku tidak bisa menyelesaikan analisa Ruang. Yah sudahlah, mau diapain lagi.

Setelah itu, mengisi form yang seharusnya sudah dikerjakan dari tadi dan besok ke Puskesmas untuk mengurus surat kesehatan.

Hari Senin, mengirim berkas ke UGM. I hope everything will be run smoothly. Amin.



No comments: